• September 27, 2024

Di atas sana, di Himalaya: Kenikmatan visual

Sebagai seorang jurnalis visual, saya telah ditugaskan ke banyak peristiwa yang menantang dan menarik di masa lalu. Tidak ada yang sebanding dengan tuntutan fisik perjalanan ini, bagian dari salah satu perjalanan paling memuaskan yang pernah saya lakukan

HIMALAYAS, Nepal – Saat ini pertengahan musim gugur. Musim hujan baru saja berakhir dan musim dingin akan segera tiba. Cuacanya yang senyaman pemandangan pegunungan menjadikannya musim puncak bagi para trekker dari seluruh dunia.

Selama 10 hari berikutnya saya akan melakukan perjalanan melalui lanskap yang berbeda, melintasi banyak desa dan hutan dan mendaki ribuan kaki untuk mendokumentasikan dan memotret bagian dari perjalanan kelompok pendaki gunung Filipina saat mereka mencoba mendaki Ama Dablam, salah satu pendakian paling teknis di pegunungan Himalaya.

Perjalanan kami dimulai dengan penerbangan singkat penuh adrenalin dari Kathmandu melalui labirin pegunungan dan lembah, di dalam pesawat kecil berkapasitas 10 tempat duduk. Setelah mendarat di bandara paling berbahaya di dunia, kami tiba di Lukla, sebuah kota kecil di wilayah timur laut Nepal, yang menandai awal perjalanan kami. (BACA: Mengapa Nepal harus menjadi bagian dari daftar perjalanan Anda)

Dianggap sebagai pintu gerbang ke wilayah Khumbu, tempat ini juga merupakan titik awal bagi siapa pun yang hendak mendaki Gunung Everest. Saat kami memulai perjalanan, udara pegunungan yang dingin dan segar memenuhi paru-paru saya dan pertama kali saya merasakan efek ketinggian.

Saya bepergian dengan relatif ringan hanya dengan ransel kecil dan dua kamera di leher saya, namun tubuh saya yang tidak terbiasa membuat saya merasa seperti membawa lebih banyak barang. Kami berjalan keluar dari Lukla melalui jalan batu yang sempit, melewati deretan toko pendakian kecil yang menggoda saya dengan perlengkapan yang mungkin sudah saya lupakan. Hanya beberapa menit perjalanan dan kita akan bertemu dengan pemandangan pegunungan Himalaya yang megah.

Beberapa jam kemudian, ketika saya melakukan perjalanan di antara pegunungan tinggi dan jurang yang dalam, pikiran saya menjadi terobsesi dengan gambaran orang-orang yang telah mendahului saya. Setiap orang yang pernah mendaki Gunung Everest – atau hendak mendakinya – harus menempuh jalur yang sama, karena itulah satu-satunya jalan. Pemikiran ini memberi saya rasa keberanian yang aneh meskipun banyak hal yang telah terjadi sebelum saya.

Yang biasa terlihat di sepanjang jalan adalah batu Mani. Ini adalah loh batu halus yang di atasnya tertulis mantra “Om mani padme hum” dalam bahasa Sansekerta. Ini adalah bentuk doa Buddha Tibet. Di beberapa tempat, tablet-tablet ini dirangkai membentuk Mani Walls, yang bisa membentang bermil-mil dan tingginya sekitar 10 kaki. Kami juga menemukan banyak “roda doa”, silinder logam berongga, sering kali diembos dengan indah, dengan tulisan mantra yang sama. Pemandu kami memberi tahu kami bahwa memutar roda doa ini sama efektifnya dengan membacakan teks suci dengan suara keras, dan akibatnya memberikan berkah dan kekuatan pada seseorang.

Setelah lebih dari 6 jam berjalan kaki, kami mengakhiri hari pertama kami di kota kecil Chummoa. Kami bermalam di kedai teh kecil (kedai teh pada dasarnya adalah hotel kecil yang ditemukan di sebagian besar desa setempat dan menawarkan akomodasi serta makanan rumahan). Setelah menyantap Dhal Bhatt (nasi dan lentil) favorit penduduk setempat untuk makan malam, kami mengakhiri malam dan beristirahat untuk melakukan salah satu bagian perjalanan kami yang paling menantang secara fisik.

Saat matahari hendak terbit, kami memulai perjalanan sulit dari Phakding ke Namche Bazar. Bagian ini terkenal dengan tanjakannya yang panjang dan curam serta banyaknya jembatan gantung tinggi yang harus Anda lewati sepanjang perjalanan. Sekali lagi, tas dan kamera saya terasa 10 kali lebih berat dan hanya mengambil 3 langkah kecil terasa seperti berjalan satu mil. Beralih antara kamera dan mengambil gambar membuat saya terengah-engah.

Bagian perjalanan ini juga merupakan salah satu bagian tersibuk, kami terus-menerus bertemu dengan trekker lain, penduduk setempat, dan lalu lintas reguler yak dan kuli angkut yang membawa perbekalan ke dan dari Namche.

Setelah sekitar 6 jam trekking menanjak yang sulit, dan peningkatan ketinggian sekitar 2.000 kaki, kami akhirnya mencapai kota Namche Bazar yang indah. Kami tiba dengan kelelahan tetapi dengan rasa pencapaian yang besar karena mengetahui kami baru saja menyelesaikan bagian yang sulit ini.

Kota Namche terletak di lereng berbentuk bulan sabit di sepanjang Lembah Khumbu. Ada sesuatu tentang kota ini yang menurut saya menarik karena sebagian besar bangunannya didesain aneh, namun banyak juga yang dipenuhi dengan kafe internet trendi, kedai kopi, bar karaoke, dan bahkan pub Irlandia. Terdapat juga banyak toko wisata dan suvenir di sepanjang gang di seluruh kota, membuatnya terasa seperti mal kecil.

Keesokan paginya kami melakukan perjalanan aklimatisasi ke Khumjung, 3 jam berjalan kaki dari Namche. Salah satu perhentian kami dalam perjalanan adalah Everest View Hotel, hotel mewah tertinggi di dunia yang terletak 12,700 kaki di atas permukaan laut.

Di sini kita melihat pemandangan Gunung Everest, Lhotse (gunung tertinggi ke-4) dan Ama Dablam yang menakjubkan. Setelah beberapa menit menikmati pemandangan indah dan berfoto, kami melanjutkan perjalanan.

Khumjung mirip dengan Namche karena juga diukir di sisi gunung. Ini juga merupakan rumah bagi sekolah terbesar di wilayah Khumbu. Kami berjalan di sekitar Sekolah Khumjung, sebuah sekolah yang dibangun dengan bantuan upaya penggalangan dana oleh Sir Edmund Hillary (orang pertama yang mendaki Gunung Everest), lalu turun ke Syangboche, lalu kembali ke kedai teh kami di Namche sebelum gelap.

Kami terbangun keesokan harinya dan melihat langit biru cerah yang memperlihatkan banyak puncak tertutup salju yang menjulang tinggi di belakang Namche. Rekan saya, sherpa kami, dan saya bersiap untuk kembali ke Lukla sementara anggota tim lainnya melanjutkan ke Base Camp Everest.

Perjalanan dari Lukla ke Namche yang memakan waktu 2 hari hanya memakan waktu 8 jam mundur karena tubuh kami lebih terbiasa dengan ketinggian. Kami tiba di Lulka saat senja dan menghabiskan sisa waktu untuk berbagi cerita sambil makan malam dan bir lokal mereka, untuk merayakan akhir perjalanan kami.

Sebagai seorang jurnalis visual, saya telah ditugaskan ke banyak peristiwa yang menantang dan menarik di masa lalu. Mulai dari menghindari peluru saat syuting di tengah zona perang, hingga meliput acara olahraga terbesar di dunia. Mulai dari merekam tempat terindah di negara kita hingga mendokumentasikan badai paling mematikan yang pernah melanda negara kita. Mulai dari politik hingga hiburan.

Tidak ada yang bisa menandingi tuntutan fisik dari perjalanan ini, perjalanan 7 jam di dataran tinggi per hari melalui medan yang berat, semuanya dilakukan sambil berusaha mengimbangi kecepatan kelompok pendaki gunung untuk memotretnya.

Tantangan dari semua itu juga menjadikannya hal yang paling menggembirakan, bahwa saya mampu mengatasi dan mencapai sesuatu yang belum pernah saya lakukan sebelumnya.

Perpaduan antara pemandangan yang menakjubkan, budaya yang mempesona, dan rasa pencapaian pribadi, serta keramahtamahan masyarakat Nepal menjadikan perjalanan ini salah satu pengalaman paling berkesan yang pernah saya alami. – Rappler.com