• October 9, 2024

Pencarian jiwa ke Teluk Nagsasa, keindahan bencana

Ketika saya akhirnya memutuskan untuk mengangkat perban dari masa lalu yang terluka, saya melakukan perjalanan solo. Aku tahu di mana pegunungan yang sunyi dan laut yang menyambut kedatanganku.

Manong Resty, tukang perahu, dan putri bungsunya, Chona, membawa beberapa perbekalan ke perahu – tenda kemah, seikat kayu bakar, kendi berisi air dan beberapa peralatan dapur – untuk dibawa ke pulau.

Beberapa menit kemudian, perahu kayu itu mulai menari di tengah arus laut yang bergejolak di pagi kering pertengahan bulan November. Semburan garam matahari yang mengapung memberi tahu saya bahwa saya akhirnya sampai di sini, di barangay pesisir Pundaquit yang menawan di San Antonio, Zambales.

Warga memperoleh penghasilan dari melimpahnya air tersebut. Hari itu, para nelayan sudah sibuk menyandarkan perahunya di atas pasir halus berwarna kehitaman setelah seharian berada di air. Ada yang pulang dengan membawa ember kosong, ada pula yang membawa hasil tangkapan kecil, hanya cukup untuk keluarga yang menunggu.

Ingatan saya membawa saya kembali ke percakapan dengan seorang kenalan yang saya temui di Manila sehari sebelum saya memutuskan untuk melakukan perjalanan yang tidak direncanakan ke Zambales. Saat itu hari Jumat malam ketika kami menyaksikan kemacetan lalu lintas Metro.

“Apakah ini sangat bagus Anawangin? (Apakah Anawangin cantik sekali?) tanyaku padanya saat kami sadar dengan cerita tentang nafsu berkelana kami. Teluk Anawangin adalah salah satu tempat paling populer di Zambales.

“Saya tidak tahu apa standar kecantikan bagi Anda. Bagi saya itu bagus Anawangin Hentikan aku jatuh cinta itu,” katanya sambil tersenyum.

(Entah apa standar cantikmu. Bagiku, Anawangin cukup cantik untuk membuat seseorang jatuh cinta..)

Ingatan samar ini membawaku kembali ke keadaanku saat ini. Aku siap menerima kejutan dan jatuh cinta lagi – berlayar menjauh dari kenyamanan daratan dan pergi ke sebuah pulau di mana tak seorang pun mengetahui rasa sakit tak terlukiskan yang telah menimpaku. Saya siap menghubungkan titik-titik, untuk memecahkan bagian-bagian yang hilang dari teka-teki saya.

Saat kami menerjang amukan laut, saya memandangi pemandangan indah yang menyambut saya di pagi hari yang panas. Terdapat petak-petak pulau dengan berbagai ukuran yang ditumbuhi rumput cogon dan pohon agoho.

Ada pulau-pulau berpenghuni yang dikelilingi bebatuan hitam. Kami melewati banyak teluk seperti yang populer – Anawangin, Talisayin, Silangin dan Camara, dan masih banyak lagi.

Dua dekade lalu, amukan Gunung Pinatubo memuntahkan abu dalam jumlah besar yang menyelimuti Zambales, serta provinsi lain di Luzon Tengah. Terumbu karang yang dulu melimpah, yang dulunya merupakan tempat berkembangnya berbagai biota laut di bawah laut, kini tertutup abu vulkanik, dan lahar yang menyelubungi menutupi tumbuh-tumbuhan subur di provinsi tersebut, khususnya di bagian teluk.

“Itu adalah mimpi buruk,” kata warga kepada saya.

Menurut Manong, para pendaki gununglah yang “menemukan” lubang masuk Zambales pasca letusan. Teluk-teluk kecil ini juga dapat dicapai dengan perjalanan 6 jam dari Subic, Kota Olongapo, melintasi Gunung Pundaquit.

“Kami baru saja memancing di sini. Belum mandi. Laut terlalu jauh dari sini, katanya sambil terus menggerakkan perahu.

(Kami memancing di sini. Bahkan tidak ada yang bisa berenang di airnya. Dulu, airnya membentang beberapa meter.)

Itu 20 tahun yang lalu. Seiring berjalannya waktu, lubang masuk tersebut tampak bertunas seperti jamur baru di laut lepas Pundaquit. Teluk-teluk kecil ini, dalam kehidupan keduanya, secara ajaib dicat dengan garis pantai abu-abu dan dihiasi dengan daun pohon agoho yang berbentuk jarum.

Hal ini juga menciptakan pantai baru yang membentang beberapa ratus meter lebih jauh. Menurut sesepuh, sebelum terjadi letusan, itu tidak ada. “Keajaiban hidup baru,” begitu kata mereka. Bepergian ke permata tersembunyi ini memang merupakan suguhan bagi jiwa petualang dan memanjakan mata yang lapar. (BACA: Teluk Nagsasa yang Menakjubkan, Keindahan Kehancuran)

Di atas kapal pesiar, pengunjung dapat menyaksikan keindahan – kemegahan lereng gunung – kehancuran Gunung Pinatubo di depan mata. Para pekemah dapat mendirikan tenda di Teluk Anawangin. Tapi saya bilang ke Manong bahwa saya ingin bermalam di Teluk Nagsasa, yang paling jauh di antara mereka.

Deburan ombak yang mengundang dan udara segar yang asin berbisik secara harmonis, bagaikan mantra yang memohon setiap pengunjung untuk jatuh cinta lagi dan lagi. Seperti yang dikatakan Manong, tidak ada seorang pun yang meninggalkan Pundaquit tanpa terkagum-kagum dengan keindahannya. Hijau. Cokelat. Emas. Inilah warna Nagsasa – keindahan bencana.

Ketika saya sampai di Nagsasa, saya disambut oleh pemandangan para pekemah yang sibuk menyiapkan makan malam. Dibandingkan dengan Anawangin, Teluk Nagsasa memiliki lebih sedikit orang yang berkemah dan lebih sedikit turis yang berisik. Ini adalah tempat yang sempurna jauh dari keramaian.

Penjual suvenir itu tersenyum padaku ketika dia menyadari aku sendirian. Pantai yang sepi, pemandangan yang tak biasa disaksikan traveler. Pulau ini tidak memiliki listrik, tidak ada sumber air minum, dan tidak ada sinyal telepon seluler. Ini cara terbaik untuk menghabiskan akhir pekan, gumamku dalam hati saat diantar ke perkemahan.

“Kenapa kamu sendirian? Nightsasa lebih baik jika ada seseorang bersamamu. Karena tempat ini romantis(Kenapa kamu sendirian? Nightsasa lebih indah lagi saat bersama seseorang karena romantis.),” tanya wanita penjual itu padaku saat aku mulai mendirikan tenda.

Sebelum matahari terbenam aku bersiap untuk memasak makan malamku. Saya mencari 3 batu besar dan tongkat kayu. Seorang teman pemilik toko sari-sari membantu saya membuat api. Seorang pekemah juga dengan baik hati menawarkan bangus goreng dan lechon kawali, yang kami bertiga – saya dan dua penjual suvenir – bagikan saat berbincang tentang Nagsasa.

“Mereka mengatakan banyak cinta terbentuk di sini, di daerah kami. Mungkin Anda memiliki cinta baru ketika sampai di rumah,” kata seorang teman yang baru ditemukan sambil terkikik.

(Seperti kata pepatah, cinta baru bermekaran di tempat kita. Menurutku saat kamu meninggalkan rumah, kamu juga akan menemukan cintamu di sini.)

Aku tertawa pelan ketika mereka terus menggodaku dengan cerita cinta di pulau itu. “Bisa jadi. Aku masih berharap,” kataku.

Setelah makan malam saya mengambil jalan memutar dan mengunjungi satu-satunya toko di pulau itu. Gunung-gunung tertidur. Laut bernyanyi. Malam masih muda.

Beberapa orang yang berkemah memilih untuk tidur di sepanjang pantai. Beberapa sudah mabuk setelah berbagi kesialan mereka tentang cinta dan kehidupan. Sebaliknya, aku memilih menghibur diri dengan pesona bintang-bintang di atasku. Mereka sepertinya berbicara kepada saya dalam bahasa yang berbeda. Sungguh ajaib bagi kerinduan tak berujung seorang musafir akan jawaban.

Suara samar aliran sungai dan udara yang bergerak melalui pepohonan membuatku menjadi pendengar pikiranku sendiri dan penyampai emosiku sendiri. Aku tidur, dengan tenda masih terbuka, berharap dalam kilauan perak bintang-bintang aku bisa menemukan apa yang hilang dalam diriku.

Pagi harinya saya mendaki Nagsasa. Tidak ada yang mengalahkan pemandangan indah di puncak. Angin kencang. Pohon-pohon agoho yang tipis berfungsi seperti galeri tersembunyi di pegunungan. Saat sampai di puncak, kita bisa melihat pemandangan teluk 360 derajat. Anda dapat mendengar bisikan udara saat menyapu wajah Anda. Hidup melambat di puncak, saya janji.

Saat Nagsasa memasuki musim panas, rerumputan dan bambunya berubah warna menjadi cokelat keemasan, bagaikan sawah yang siap dipanen. Butir-butir mineral kecil berwarna hitam di pasir bersinar diterpa embun pagi. Pesisirnya bisa terbentang jauh dan luas saat air surut dan laut dangkalnya disambut oleh bukit pasir yang beriak.

Tidak ada hal lain yang bisa dilakukan di pulau ini selain menikmati hidup saat ini. Menyimpang. Berenang di pagi hari. Perjalanan ke air terjun. Bicaralah dengan penduduk setempat. Bersantailah di tenda Anda. Makan hasil tangkapan segar dari laut. Berbaurlah dengan wisatawan lain. Isi ulang diri Anda. Temukan potongan teka-teki yang hilang. Temukan cinta yang hilang.

Nagsasa menunjukkan bahwa akan ada sesuatu yang indah setelah bencana – awal yang baru, harapan baru, dan alasan baru untuk jatuh cinta lagi. Aku yakin aku merawat apa pun yang rusak dalam diriku. Saya tahu saya menemukan jawaban yang hilang di Nagsasa. – Rappler.com

Untuk penyewaan perahu di Pundaquit, Anda dapat menghubungi Chona dela Cruz: (+63) 927-7125029 untuk tarif dan paket.